Semester 4

scmManajemen rantai pasok (SCM) membantu bisnis untuk memahami aktifitas yang menyediakan material tingkat komponen untuk produk jadi mereka secara efektif. Sebagai contoh, pada sektor retail, penjual utama adalah kuncinya, dan dalam industri otomotif, hubungan sebgaian pemasok dapat mempengaruhi kemampuan pemanufaktur untuk membangun sebuah mobil dengan tepat waktu. Dengan berfokus pada SCM, perusahaan dapat banyak memperbaiki efesiensi operasionalnya. SCM berusaha meraih pengendalian biaya bisnis dengan mengungkapkan kesulitan dalam hubungan kunci mereka (contoh, dengan pemasok internal dan perusahaan pembuat eksternal).
Isu yang mendasar adalah perlunya pemahaman mengenai permintaan konsumen dan menggabungkannya dengan sisi bisnis pemasok. Dengan melakukan ini, organisasi dapat mengurangi atau bahkan mencegah terlalu banyaknya produksi dan/atau kekuarangan produk yang menambah biaya.
Software SCM mampu meraih hasil ini dalam cara yang beragam dan implementasi yang beraga,. Dasarnya, SCM berhubungan dengan pemaosk ke database yang menunjukkan peramalan, persediaan aktual, pengiriman, atau kerangka waktu logistik dalam organisasi pelanggan. Sebagai contoh, pemasok merubah jadwal pengiriman untuk meyakinkan bahwa konsumennya mempunyai pesediaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pemasok dapat men-¬download peramalan kedalam sistem manufakturnya sendiri untuk otomasi proses internal mereka juga.
Beberapa industri dikategorikan dalam SCM menjadi dua komponen dasar – perencanaan rantai pasok (supply chain planning/SCP) dan pelaksanaan rantai pasok (supply chain execution/SCE). SCP adalah software yang menghasilkan jumlah produksi, persediaan, dll berdasarkan input mengenai penjualan dan peramalan konsumen. SCE adalah proses yang terotomasi yang utamanya berhubungan dengan perutean informasi-informasi kepada sistem yang sesuai, departemen, dan perusahaan pembuat. Kita juga dapat berhubungan dengan sistem SCM ke sistem ERP untuk mengirimkan invoice (surat penagihan) secara terintegrasi. Variasinya tidak terbatas, itu semua kembali pada interface gudang data. Data tersebut, digali dengan efektif, dapat menghasilkan informasi dan pengetahuan untuk melancarkan organisasi.

Leave a comment